Metodologi Penelitian BAB X


BAB X
LANGKAH - LANGKAH PENELITIAN KELAS


  1. Menentukan masalah yang akan diteliti
  2. Mengembangkan fokus penelitian
  3. Memilih/menentukan teknik pengumpulan data
  4. Validasi data
  5. Interpretasi
  6. Tindak lanjut
Memilih teknik pengumpulan data
Menggunakan salah satu teknik pengumpulan data

PENGUMPULAN DATA

Data yang terkumpul dipakai untuk menerangkan (sementara) ”apa yang terjadi” di kelas ”mengapa itu terjadi” ”apa yang menyebabkan nya”, hipotesis atau konstruk kategori.

VALIDASI DATA

Validasi data hipotesis, kategori dengan jalan triangulasi (membandingkan persepsi sumber data/informasi yang satu dengan yang lain di dalam/mengenai situasi yang sama). Misal : persepsi situasi mengajar ditinjau dari : guru, siswa dan observer.

CARA LAIN UNTUK MEMVALIDASI DATA

Saturation
Observasi/Interview dilaksanakan berulang-ulang sampai data ”jenuh” (tidak lagi diperoleh data tambahan/baru) sehingga hipotesis tervalidasi.

Kondisi yang harus dipenuhi

  • Kejelasan, mudah dimengerti
  • Relevansi, dapat dilaksanakan
  • Tindakan dapat jelas
  • Kemauan, harus ada minat, motivasi, keinginan untuk berbuat sesuatu
  • Ketrampilan, tanpa adanya ketrampilan yang memadai maka tindakan yang diambil dapat tidak kongruen dengan apa yang kelak diperoleh sebagai hasil penelitian.
CHECKLIST

Untuk mereview laporan penelitian, harus memperhatikan :

  • Apakah informasi telah dikumpulkan sesuai dengan rencana ?
  • Apakah informasi tersebut memang yang diperlukan ?
  • Masalah-masalah apa yang dihadapi ?
  • Apakah mungkin dapat dilaksanakan dengan lebih baik ?
  • Apakah mungkin perlu dipakai cara lain untuk pengumpulan data?
  • Apakah telah dikumpulkan semua data yang relevan ?
  • Haruskah dikumpulkan data tentang pendapat-pendapat siswa, pandangan orang tua, perasaan guru-guru lain, dan sebagainya ?
  • Bagaimana informasi yang telah terkumpul dapat dipakai untuk pengambilan keputusan-keputusan yang lebih efektif tentang proses belajar mengajar ?
  • Apakah masih diperlukan informasi lain ?
  • Apakah informasi yang telah diperoleh dapat diinterogasikan dengan cara lain?
  • Apakah interpretasi dan kesimpulan yang diambil valid/sahih ?
  • Apakah informasi disajikan dalam bentuk jelas ?
  • Apakah informasi-informasi tersebut menunjukkan tindakan-tindakan pengajaran yang lebih baik di masa yang akan datang ?
  • Apakah informasi yang diperoleh dapat didiskusikan dengan murid, teman, atau orang tua ?
  • Siapa yang dapat diikutsertakan, mengapa, bagaimana, dan kapan ?
  • Apakah yang dapat diperoleh dari penelitian ini ?
  • Apakah yang harus dirubah apabila dilakukan penelitian di masa yang akan datang ?
  • Apakah siswa, teman, dan lain-lain mempunyai saran-saran untuk itu ?
  • Dapatkah teman-teman berminat untuk berpartisipasi di dalam penelitian-penelitian di masa yang akan datang ?
  • Apakah teman-teman guru juga ikut mempunyai perhatian mengenai apa yang menjadi masalah ?
  • Apakah teman-teman guru lain mempunyai ketrampilan yang dapat membantu penelitian dalam memonitor diri sendiri ?
luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com